Welcome to >>> Kotek_Kotek Area

Jumat, 01 Juni 2012

apa yang dimaksud dengan deskripsi tempat


Deskripsi Tempat
Wacana deskripsi adalah wacana yang berisi penggambaran atau melukiskan suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan  terperinci sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis.
Ada beberapa macam /pola pengembangan wacana deskripsi salah satunya adalah deskripsi spasial. Deskripsi spasial adalah wacana yang menggambarkan objek secara detail khususnya ruangan, benda,atau tempat.
Ciri-ciri Wacana Deskripsi:
1. Menggambarkan atau melukiskan suatu benda, tempat, atau suasana tertentu.
2. Penggambaran dilakukan dengan melibatkan panca indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan).
3. Bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan.
4. Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.
Deskripsi tempat berdasarkan pada tiga hal yaitu suasana hati, bagian yang relevan, dan urutan kejadiannya. Dalam kaitannya dengan suasana hati  yang manakah yang paling menonjol untuk dijadikan landasan. Berkaitan dengan bagian yang relevan penulis deskripsi juga harus mampu memilih detail-detail yang relevan untuk mendapatkan gambaran tentang suasana hati. Sedangkan berkaitan dengan urutan penyampaian, pengarang dituntut pula mampu menetapkan urutan yang paling baik dalam menampilkan detail yang dipilih. Mungkin seorang penulis mengurutkan dari bagian yang tidak penting ke bagian yang penting atau sebaliknya.

CONTOH
Ruangan berukuran 3,5m x 3,5m ini sungguh sangat nyaman ditempati, dinding sebelah utara dan barat dicat dengan warna hijau sedangkan dinding bagian selatan dan timur dicat warna putih. Pintu ruangan berada di sebelah utara bersanding dengan jendela yang berhiaskan poster kalender, ketika membuka pintu maka akan didapati sebuah meja kayu yang berada di dekat pintu ruangan. Di atas meja rak buku berisi beberapa kitab dan buku-buku ilmiah diletakkan mepet dengan dinding sebelah utara bersanding dengan tiga gelas kecil yang berisi potongan kertas dan beberapa alat tulis. Di samping kiri meja terdapat sebuah lemari berukuran sedang berwarna hitam diletakkan mepet dengan didinding sebelah utara. Sebuah kasur empuk berwarna ungu campur biru terbentang diatas karpet coklat yang diletakkan mepet dengan dinding sebelah barat yang dihiasi beberapa poster bola. Sebelah selatan ruangan hanya beberapa bungkus rokok yang ditempel berbentuk lingkaran dan satu poster mobil jaguar yang menghiasi dinding.
Sementara itu, di bagian timur ruangan terdapat sebuah meja makan warna hitam yang diletakkan mepet dengan dinding, di atas meja tersebut terdapat sebuah dispenser dan rak piring serta keranjang berukuran kecil tempat buah-buahan. Di samping kanan meja, ada reskuker yang diletakkan di atas cosmos tempat penyimpana beras. Sementara itu, didekat sudut kiri dinding timur terdapat sebuah cermin ukuran sedang dan beberapa bungkus rokok yang ditempel berbentuk lingkaran pada dinding, tidak jauh dari situ tepatnya di belakang pintu terdapat beberapa pakaian yang bergantungan dihanger. Keindahan ruangan ini rasanya semakin lengkap, dengan langit-langit ruangan berwarna biru yang diterangi dengan lampu Philips 20W. Diluar ruangan, terdapat sebuah gode-gode kecil berukuran 1m x 1,5m yang biasa digunakan untuk tempat istirahat dan bersenda-gurau. Hembusan angin yang tiada henti-hentinya di tempat itu menambah sejuknya suasana di ruang kamar kos milik Sam ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar