Welcome to >>> Kotek_Kotek Area

Jumat, 01 Juni 2012

Pengertian dan Hakikat Mengajar


1 Pengertian Mengajar
Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu hubungan timbal balik antara siswa dengan guru dan antara sesama siswa dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain kegiatan belajar mengajar merupakan suatu kesatuan dari dalam kegiatan yang terarah.
Kegiatan belajar pada hakekatnya merupakan kegiatan dalam proses pendidikan baik dalam lingkungan pendidikan formal, informal maupun dalam lingkungan non formal. Oleh karena itu masalah belajar bukan hanya masalah sekolah tetapi malah setiap manusia sehingga berhasil tidaknya tujuan pendidikan akan sangat tergantung pada bagaimana proses belajar yang dilakukan oleh pelajar itu sendiri.
Sehubungan dengan pentingnya masalah belajar dalam kehidupan setiap individu mendorong para ahli untuk berusaha mempelajari menafsirkan dan merumuskan sesuatu konsep belajar yang dijadikan suatu pedoman dalam membantu mencapai tujuannya. Akan tetapi hasil rumusan antar ahli menunjukkan perbedaan-perbedaan yang disebabkan oleh kompleksnya masalah belajar yang terjadi pada setiap individu.
Menurut Burton 1984 dalam Usman (2000: 4) bahwa belajar diartikan sebagai perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya interaksi antara individu dengan individu dan antara individu dengan lingkungannya sehingga mereka lebih mampu berinteraksi dengan lingkungannya.
Menurut Ervest R. Ilgars dalam Usman (2000: 5) menjelaskan bahwa belajar adalah suatu proses dimana ditimbulkan atau diubahkan suatu kegiatan karena mereaksi suatu kegiatan. Perubahan tersebut tidak disebabkan oleh proses pertumbuhan (kematangan) atau keadaan organisme yang sementara. H.C. Witherinton dalam Usman (2005: 5) mengemukakan bahwa belajar adalah sebuah perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan kepribadian atau suatu pengertian.
Dari berbagai definisi belajar, maka oleh Usman (2005: 5) menyimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku atau kecakapan manusia. Perubahan tingkah laku ini bukan disebabkan oleh proses pertumbuhan yang bersifat fisiologis atau proses kematangan.
2 Hakikat Mengajar
Mengajar pada prinsipnya adalah membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Atau dapat pula dikatakan bahwa mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran sehingga menimbulkan terjadinya proses belajar pada diri siswa (Usman 2000: 6).
Pengertian mengajar di atas mengandung makna bahwa guru dituntut untuk dapat berperan sebagai organisator kegiatan belajar siswa yang mampu memanfaatkan lingkungan, bauk terdapat di dalam kelas maupun di luar kelas.
Menurut J.S. Bruner dalam Usman (2000: 5) mengemukakan bahwa mengajar adalah menyajikan ide, problem, atau pengetahuan dalam bentuk yang sederhana sehingga dapat dipahami oleh setiap siswa.
Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dikemukakan bahwa mengajar merupakan suatu perbuatan yang memerlukan tanggung jawab moral, maka berhasilnya pendidikan siswa secara formal terletak pada tanggung jawab guru dalam melaksanakan tugas mengajar. Mengajar merupakan suatu perubahan atau pekerjaan yang bersifat unik tetapi sederhana. Dikatakan unik karena berkenaan dengan manusia yang belajar, yakni siswa dan guru yang mengajar serta bertalian erat dengan manusia di dalam masyarakat. Dikatakan sederhana karena mengajar dilaksanakan secara praktis dalam dalam kehidupan sehari-hari dan mudah dihayati oleh siapapun (Usman 2000: 5).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar